Pengertian Alat Peraga Menurut Para Ahli


Alat Peraga
 
            Alat peraga sering disebut dengan media pembelajaran karena alat peraga merupakan bagian dari media pembelajaran. Alat peraga adalah alat yang digunakan untuk proses belajar mengajar dan sebagai pendukung proses pembelajaran dikelas karena memberikan banyak manfaat. Beberapa manfaat yang dihasilkan dari penggunaan alat peraga adalah:
1.proses belajar mengajar termotivasi. Baik siswa maupun guru, dan terutama siswa, minatnya akan timbul. Ia akan senang, terangsang, tertarik dan karena itu akan bersikaf positif terhadap pengajaran matematika.
2. konsep abstrak matematika tersajikan dalam bentuk konkret dan kareana itu dapat dipahami dan dimengerti, dapat ditanamkan pada tingkat-tingkat yang lebih rendah.

3. hubungan antara konsep abstrak matematika dengan benda-benda di alam sekitar akan lebih dapat dipahami.
4.konsep-konsep abstrak yang tersajikan dalam bentuk konkret, yaitu dalam bentuk model matematik yang dapat dipakai sebagai objek penelitian maupun sebagai alat untuk meneliti ide-ide baru dan relasi baru bertambah banyak. (Suherman, 2003:7).
          Secara umum pengertian alat peraga adalah benda atau alat-alat yang diperlukan untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran. Alat peraga adalah seperangkat benda kongkret yang dirancang, dibuat atau disusun secara sengaja yang digunakan untuk membantu menanamkan atau mengembangkan konsep-konsep atau prinsip-prinsip dalam pembelajaran (Djoko Iswadji, 2003). Dengan alat peraga maka siswa mempunyai pengalaman-pengalaman dalam kehidupan sehari-hari tentang arti dari suatu konsep.
          Pembelajaran dengan alat peraga, maksudnya adalah cara yang digunakan oleh seorang guru dalam menyampaikan materi pelajaran yang dengan menggunakan alat bantu yang sesuai dengan materi yang akan diajarkan kepada siswa. Salah satu manfaat yang dapat diperoleh dari pembelajaran dengan alat bantu adalah memudahkan guru dan siswa dalam mempelajari dan memahami materi pelajaran yang akan diajarkan. Alat peraga akan sangat mudah sekali penggunaannya apabila dipersiapkan, dirancang dan dipergunakan sebagai alat bantu sendiri. Dalam pembuatan alat peraga membutuhkan waktu dan tenaga yang tidak sedikit, untuk memilih, mempersiapkan bahan atau penjelasan. Pergunakan kesempatan yang baik dalam menggunakan alat peraga sehingga ada respon positif dari siswa, sehingga dapat melatih daya piker dan perkembangan siswa. Namun demikian manfaat lain dari alat peraga bias dipergunakan di lain waktu atau apabila materi pembahasan sama. Alat peraga dibahas dalam tulisan ini berupa susunan konsep materi yang disesuaikan dengan gambar sehingga menjadi satu konsep yang utuh. Konsep materi ini berutujuan untuk mempermudah siswa dalam mempelajari materi pelajaran, sehingga sesuai dengan tujuan materi.
          Gambar yang digunakan diharapkan mampu digunakan membantu menjelaskan kata-kata yang disampaikan. Sebagai alat komunikasi gambar dapat memberikan pengetahuan yang lebih luas kepada siswa. Siswa lebih dapat memahami berbagai perkembangan atau struktur melalui gambar (Sanjaya, 2007:168). Gambar membuat lebih konkret karena generalisasi atau pernyataan yang abstrak pada pelajaran matematika tidak selalu mudah dipahami. Gambar akan menyederhanakan pengabstrakan dan membantu menciptakan serta mempertahankan rasa ketertarikan (Kochhar, 2008:265).
Previous
Next Post »
Thanks for your comment